Salah satu situs e-commerce milik Indonesia yang menjadi karya anak negeri pertama adalah Tokopedia.
Didirikan pada 17 Agustus 2009, Tokopedia berhasil mendapatkan pendanaan awal dari PT Indonusa Dwitama pada tahun yang sama.
Atas perannya dalam mengembangkan e-commerce di Indonesia, PT Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketer of the Year Award 2014 untuk bidang e-commerce pada konferensi Markplus 2015 yang diselenggarakan oleh Markplus Inc pada tanggal 11 Desember 2014 Kesuksesan yang diraih Tokopedia tidak dapat dipisahkan dari strategi pemasaran yang dirancang.
Berikut ulasan kami mengenai strategi pemasaran Tokopedia yang juga bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada.
Salah satu proses pemasaran strategis yang diterapkan Tokopedia adalah pemanfaatan jejaring sosial.Aktif di media sosial seperti Instagram, Tokopedia sangat mengikuti tren Instagram dengan mengadakan live event, IGTV, dan Stories.
Tokopedia juga menjalankan kampanye yang fokus pada tren terkini dan hal-hal yang sedang digemari masyarakat.Seperti kampanye yang baru-baru ini dilakukan Tokopedia, Indonesia Shop Time.saking banyaknya penggemar K-POP di Indonesia, Tokopedia menjalin kerja sama dengan band Korea Bangtan Boys (BTS).
Inilah yang dilakukan Tokopedia untuk mengikuti tren.Inilah strategi pemasaran Tokopedia yang cukup efektif dan diterapkan untuk mengikuti tren dengan menjadi brand ambasador BTS.Dengan BTS sebagai wajah kampanyenya, menjual produk bukan lagi menjadi kendala bagi Tokopedia.
Mengikuti tren tidak sama dengan mengikuti konten platform.Saat ini sudah banyak sekali platform yang bisa dijadikan saluran untuk melakukan kegiatan pemasaran.Anda perlu mengetahui platform mana saja yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat.Sebab jika tidak mengetahuinya maka usaha anda akan sia-sia.Sebelum menjalankan kampanye, pertimbangkan terlebih dahulu jenis konten dan platform yang akan Anda gunakan untuk mencapai hasil maksimal.
Menggunakan Brand Ambassador
Menggunakan duta merek adalah strategi yang baik untuk memperluas audiens Anda dan meningkatkan kesadaran akan Tokopedia. Seperti yang kami sebutkan di atas, Tokopedia menggandeng BTS sebagai brand duta.Tak hanya BTS, BlackPink juga menjadi representasi wajah Tokopedia. Penggunaan brand Ambassador dapat menjadi strategi pemasaran yang menjanjikan karena Brand Ambassador dapat mempengaruhi banyak orang untuk menggunakan produk dan membuat perusahaan tampil lebih dapat dipercaya. Saran kami, pilihlah brand Ambassador yang cocok untuk membangun bisnis Anda dengan citra dan reputasi perusahaan yang baik di mata masyarakat. Tokopedia sendiri telah memberikan dampak baik dengan mendatangkan brand Ambassador. Tercatat pada tahun 2020, Shopee menjadi website dengan pengunjung terbanyak. Namun hal itu berubah ketika Tokopedia bermitra dengan BTS dan BlackPink. Pada kuartal I 2021, Tokopedia menduduki peringkat pertama mengalahkan Shopee dalam hal pengunjung situs e-commerce.
Loyalty Program Melalui Push App Notification
Tentunya untuk mempertahankan pelanggan harus dilakukan penyesuaian agar pelanggan atau pengguna tidak berpindah ke tempat lain. Dalam hal ini, loyalitas akan menghalangi pengguna Tokopedia untuk berpindah ke platform lain.Anda rutin menerima notifikasi dari aplikasi Tokopedia tentang berbagai promosi dan refund. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan pengguna. Sebagai pengguna, Anda pasti akan kesulitan untuk beralih ke platform lain jika banyak penawaran menarik yang ditawarkan kepada Anda di platform tersebut.Tokopedia dalam menerapkan program loyalitas tidak hanya bekerja dengan push notifikasi saja. Tokopedia juga membuat konten media sosial dan mendistribusikannya menggunakan strategi pemasaran email.
Memberikan Apresiasi
Tokopedia menjadi salah satu situs e-commerce yang sering diapresiasi tinggi oleh para penjual.
Anda mungkin pernah melihat label pedagang seperti Merchant Pro di bagian bawah foto profil toko Anda. Hal ini merupakan bentuk apresiasi Tokopedia. Jika Anda mencapai sasaran yang ditentukan dalam 1 bulan, Anda akan menerima label Merchant Pro dan menerima 15% penjualan selama sebulan. Hal ini akan mencegah mitra atau penjual Tokopedia berpindah ke platform lain. Selain mendatangkan keuntungan bagi pelanggan, Tokopedia juga menghargai penjualnya.
Mengikuti Event atau Hari-Hari Besar
Strategi pemasaran ini nyatanya sudah banyak diterapkan oleh kompetitor. Namun tidak dapat dipungkiri jika kita menyelenggarakan acara besar atau hari raya maka pemasaran produk akan jauh lebih mudah. Tokopedia rutin berpartisipasi dalam perayaan tersebut. Seperti di Hari Belanja Online Nasional atau Hari Kemerdekaan. Tokopedia turut berpartisipasi dengan membagikan berbagai diskon dalam perayaan hari tersebut. Atau dalam suasana Ramadan, Tokopedia juga tidak takut untuk memberikan diskon besar-besaran.
Komentar
Posting Komentar