Mengenal Jenis-Jenis Pemasaran Beserta Contohnya




Arti dari Pemasaran

Pertama, baiknya kamu mengetahui terlebih dulu apa yang dimaksud dengan pemasaran. Pemasaran adalah kegiatan terencana yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam melakukan berbagai upaya agar mampu memenuhi permintaan pasar.Tujuan utamanya untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Bisa juga dipahami bahwa yang dimaksud pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka ciptakan.

Saat pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan keuntungan bisa didapatkan.Dari definisi di atas maka bisa kamu simpulkan bahwa pemasaran memegang peranan penting bagi lancarnya perjalanan sebuah perusahaan atau bidang bisnis.Singkatnya, pemasaran memiliki beberapa fungsi.

 Fungsi Pemasaran

 1.Pengenalan Produk 

Pengenalan produk oleh perusahaan menjadi fungsi pemasaran yang paling utama. Dengan pemasaran, produk menjadi lebih dikenal oleh konsumen. Dengan syarat, pihak perusahaan mampu menonjolkan keunggulan dari produk tersebut sehingga bisa menarik perhatian dibanding produk pesaing.

 2.Fungsi Pertukaran 

Pemasaran memungkinkan konsumen untuk mendapatkan informasi dan membeli produk yang dijual dengan menukar produk dengan uang atau produk dengan produk.Produk ini dapat digunakan untuk keperluan kamu sendiri atau dijual kembali untuk mendapatkan laba.


 3.Riset Pemasaran

bisa menjadi lahan tepat untuk melakukan riset, baik secara langsung atau riset online. Riset memungkinkan pemilik bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenai target pasar sebuah produk. Hal yang biasanya menjadi bahan riset adalah usia, jenis kelamin, kebutuhan hingga pendapatan, dan sebagainya. Produk yang diproduksi bisa menyesuaikan dengan apa dan bagaimana target pasarnya.


 4.Distribusi Fisik 

Memastikan  produk dapat dengan mudah didistribusikan  dari tempat produksi ke pasar yang lebih luas dengan menggunakan angkutan darat, laut, dan laut merupakan fungsi pemasaran selanjutnya. Dengan cara ini dapat dijamin produk akan mudah dijangkau oleh konsumen.


 5.Pelayanan purna jual

 Pelayanan purna jual terkadang diminta oleh konsumen.Pemilik usaha atau perusahaan harus membantu konsumen dalam hal ini. Misalnya saja pada produk furnitur, konsumen mungkin mengalami kendala pada furnitur yang dibelinya.Di sini fungsi pemasaran adalah memberikan rasa aman kepada konsumen pada  masa purna jual.

 

Jenis-Jenis Pemasaran 

1.Word of Mouth Marketing (WoMM)

Pemasaran dari mulut ke mulut adalah informasi mengenai suatu produk yang diperoleh konsumen dari konsumen lain secara lisan dan langsung.Juga dikenal sebagai promosi dari mulut ke mulut. Pengiriman langsung.


 2.Pemasaran Humas

Humas merupakan salah satu jenis pemasaran yang penting.Banyak perusahaan bermitra dengan media untuk meningkatkan kesadaran tentang produk mereka dan manfaat yang dapat diterima konsumen dari memiliki produk tersebut.


 3.Relationship Marketing 

Membangun hubungan  dengan konsumen merupakan cara  efektif dalam memasarkan produk.Begitu pula ketika konsumen memiliki loyalitas, maka ketika suatu perusahaan meluncurkan produk baru, konsumen akan dengan sukarela  membeli produk tersebut.


 4.Pemasaran Digital

 Pemasaran digital menggunakan seluruh sumber daya dan asetnya secara online. Pemasaran digital atau digital marketing  memaksimalkan seluruh potensi yang ada di Internet untuk mencapai tujuan bisnis. Selain itu, pemasaran digital  juga merupakan cara  efektif untuk membangun merek dengan biaya  rendah. Target pasarnya juga bisa diketahui karena banyak penyedia layanan periklanan yang memiliki fitur ini.


 5.Branding 

Suatu produk harus mempunyai target pasar serta nama atau “brand” agar dapat dikenal.Brand building merupakan salah satu jenis pemasaran yang mempunyai fungsi  promosi jangka panjang. Branding biasanya mencakup nama, tagline, dan logo.


 6. Iklan Siaran 

Radio sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang umum digunakan oleh perusahaan atau pemilik bisnis.Konsep pemasaran ke konsumen dengan cara ini sangat potensial karena saat menyalakan radio para pendengar benar-benar mendengarkan apa yang diucapkan oleh penyiarnya.Sedangkan untuk menjangkau pelanggan secara luas, bisa digunakan media iklan di televisi.


 7.Multi-Level Marketing

 Multi-level marketing adalah bentuk pemasaran secara langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya. Pemasaran berjenjang sering disebut pemasaran jaringan karena pemasar menerima komisi atas produk yang mereka pasarkan serta komisi pemasaran dan penjualan dari jaringan mereka.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tren Terkini Produk Apple dan Pengaruhnya di Pasar Teknologi Indonesia

Fenomena Maraknya Billiard di Indonesia : Hobi yang Menarik

Pemasaran Tradisional Vs Pemasaran Digital mana yang lebih baik? 5 Perbedaan Utama Antara Pemasaran Digital dan Pemasaran Tradisional