Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya

 


Persaingan bisnis saat ini sangat berbeda dengan 15 atau 20 tahun yang lalu. Jika dulu perusahaan menggunakan teknik penjualan door to door sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, kini teknik tersebut sudah tidak efektif lagi. Pemasaran digital adalah strategi yang berhasil menggantikannya. Strategi pemasaran digital merupakan strategi pemasaran yang sangat luas. Jika ingin menguasainya, Anda harus mau mempelajari berbagai media sekaligus dan menerapkan ilmunya dalam praktik.Anda dapat mempelajari lebih lanjut apa itu digital marketing, kelebihan, manfaat,  dan contohnya pada pembahasan di bawah ini.

 

Apa itu pemasaran digital?

 Pemasaran digital merupakan tren baru yang perlu Anda dan tim perusahaan Anda kuasai jika tidak ingin kalah dalam persaingan.Setiap ahli mempunyai cara berbeda dalam mendefinisikan pengertian digital marketing.Namun dalam dokumen ini, OCBC NISP akan menampilkan pakar pemasaran digital  terkemuka di dunia Menurut Marketo, pemasaran digital diartikan sebagai strategi tingkat tinggi berupa promosi/iklan yang disampaikan melalui mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, dll), situs web, jejaring sosial, email, dan aplikasi.Berdasarkan versi Smart Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital.Sementara itu, Hubspot menyebut pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.Dari sini dapat kita simpulkan bahwa pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (tools) digital berbentuk fisik maupun non-fisik.

 

Keunggulan digital marketing dibandingkan strategi pemasaran konvensional Setelah mempelajari tentang digital marketing langsung dari para ahlinya, kali ini kita akan membahas beberapa kelebihan pemasaran Strategi pemasaran digital dibandingkan konvensional antara lain:

1.     Lebih hemat biaya

Poin pertama tentang keunggulan digital marketing adalah bahwa hal ini sebenarnya lebih murah dibandingkan teknik pemasaran tradisional.Saat memulai proses branding, Anda mungkin memerlukan biaya yang tidak sedikit.Namun, setelah basis merek dan  pengikut  Anda terbentuk, biaya pemasaran digital juga akan berkurang.

 

2.     Anda tidak memerlukan banyak staf penjualan.

Gaji pegawai merupakan salah satu sumber  terbesar biaya pemasaran konvensional.Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah ketika Anda menerapkan strategi pemasaran digital.Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk menjual produk di rumah atau di jalan.Hanya dengan menjalankan promosi produk di jejaring sosial, Anda sudah bisa menjual produk.

 

3.     Tim marketing tidak perlu turun ke lapangan

Keunggulan digital marketing  ini masih terkait dengan poin sebelumnya.Pemasaran digital adalah  strategi yang berarti tim Anda tidak perlu meninggalkan rumah/kantor untuk meneliti konsumen. Hanya dengan duduk di depan laptop/ponsel dan menggunakan Internet, tim pemasaran Anda dapat menyebarkan berita.

 

4.     Proses branding produk lebih sederhana

Keunggulan digital marketing yang keempat adalah proses brandingnya jauh lebih sederhana dan cepat.Salah satu kelemahan terbesar pemasaran tradisional adalah cakupan periklanan yang sangat terbatas.Dalam strategi konvensional, Anda perlu mengeluarkan  lebih banyak uang jika ingin mempromosikan merek Anda ke lebih banyak konsumen. Berbeda jika Anda menerapkan strategi digital marketing. Hanya dengan satu postingan konten atau iklan, Anda  bisa menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, bahkan internasional.

5.     Potensi pertumbuhan yang kuat

Poin kelima tentang manfaat digital marketing adalah kuatnya potensi pertumbuhan  bisnis Anda, terutama dalam hal penjualan.Saat ini sudah banyak contoh bisnis yang berkembang hanya dalam beberapa bulan melalui penggunaan strategi pemasaran digital.Dengan pemasaran digital, Anda tidak perlu 10 atau 20 tahun untuk menjadi pemimpin industri.

 

Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan Setelah membahas kelebihan digital marketing dibanding pemasaran biasa, kali ini kita akan membahas manfaat digital marketing secara spesifik bagi perusahaan, yaitu antara lain:

1)     Menghapus Batasan Wilayah dan Waktu

Saat Memasarkan Produk Poin pertama manfaat digital marketing adalah terhapusnya batas wilayah pemasaran.Anda bebas mempromosikan produk ke mana dan kapan saja, baik dalam skala lokal, nasional, atau internasional.

 

2)     Sistem Penjualan Produk Lebih Cepat dan Tertarget

Manfaat digital marketing berikutnya adalah sistem penjualan produk lebih cepat dan sesuai minat konsumen.Saat Anda memasang iklan online, Anda bisa menentukan kriteria orang yang cocok menjadi konsumen Anda.Dengan demikian, iklan Anda akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah.

 

3)     Membangun hubungan dengan konsumen menjadi lebih mudah

Dengan  digital marketing, Anda tidak perlu bertatap muka langsung dengan konsumen untuk memberikan layanan kepada mereka.Ciptakan saja interaksi melalui media sosial dan Anda  bisa menjalin interaksi yang erat dengan mereka.

 

 

4)    Kemampuan melakukan personalisasi produk berdasarkan karakteristik konsumen

Keunggulan digital marketing selanjutnya adalah  potensi  personalisasi produk yang sangat besar.Melalui saluran periklanan online, Anda dapat meneliti profil pribadi orang-orang yang tertarik dengan produk/konten Anda. Anda kemudian dapat menciptakan inovasi produk berdasarkan data penelitian.

 

5)     Mendapat Profit Banyak dalam Waktu Singkat

Poin terakhir dari manfaat digital marketing adalah kesempatan memperoleh berkali lipat profit dalam waktu lebih singkat.Meski tetap membutuhkan effort besar, digital marketing adalah strategi paling efektif dan efisien untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen dan mempromosikan produk tanpa harus selalu mengeluarkan biaya.

 

 

Jenis-Jenis Digital Marketing Ada beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan, antara lain:

1)     Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM merupakan salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada promosi produk melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, dll.Strategi pemasaran digital ini mencakup pembuatan situs web, halaman arahan (halaman web iklan khusus), pengaturan iklan, dan banyak lagi.

2)     Social Media Marketing

Jenis pemasaran digital selanjutnya adalah pemasaran media sosial.Jenis pemasaran digital ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan berbagai media sosial, seperti YouTube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya tergantung target konsumen Anda.

 

3)     Email Marketing

Jenis digital marketing yang ketiga adalah email marketing, khususnya pemasaran  surat elektronik (email).Strategi pemasaran digital  ini paling cocok untuk perusahaan dengan model business-to-business (B2B).

 

4)     Periklanan Digital 

Seperti namanya, periklanan digital atau digital advertising adalah salah satu jenis pemasaran digital dalam bentuk periklanan di berbagai saluran online, mulai dari situs web hingga jejaring sosial.Beberapa saluran periklanan digital  terpopuler antara lain Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.

 

5)     Content Marketing

Content marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang menggunakan media konten, baik berupa teks, audio, gambar, atau video.Proses pemasaran konten sering kali dilakukan bersamaan dengan pemasaran media sosial, pemasaran email, atau periklanan digital.

 

6)     Otomatisasi Layanan Pelanggan

Jenis pemasaran digital yang keenam  adalah otomatisasi sistem layanan pelanggan.Adanya otomatisasi memungkinkan pelaku bisnis untuk lebih memahami calon konsumen sejak pertama kali berinteraksi dengan produk/bisnis.informasi ini kemudian dapat diteruskan langsung  ke CS atau staf penjualan untuk melakukan proses penutupan (penjualan berlangsung).

 

7)     Afiliasi/Dropshipping

jenis pemasaran digital  terakhir yang dapat Anda manfaatkan adalah program afiliasi atau dropshipping.Dengan menerapkan strategi pemasaran digital  ini, Anda dapat memanfaatkan perantara online (dropshipper) sekaligus membantu mereka mendapatkan keuntungan  sendiri.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tren Terkini Produk Apple dan Pengaruhnya di Pasar Teknologi Indonesia

Fenomena Maraknya Billiard di Indonesia : Hobi yang Menarik

Pemasaran Tradisional Vs Pemasaran Digital mana yang lebih baik? 5 Perbedaan Utama Antara Pemasaran Digital dan Pemasaran Tradisional