Digital Marketing? Ini Kelebihan, Jenis, & Contohnya
Persaingan bisnis saat ini sangat berbeda dengan 15 atau 20
tahun yang lalu. Jika dulu perusahaan menggunakan teknik penjualan door to door
sebagai salah satu strategi pemasaran yang paling efektif, kini teknik tersebut
sudah tidak efektif lagi. Pemasaran digital adalah strategi yang berhasil
menggantikannya. Strategi pemasaran digital merupakan strategi pemasaran yang
sangat luas. Jika ingin menguasainya, Anda harus mau mempelajari berbagai media
sekaligus dan menerapkan ilmunya dalam praktik.Anda dapat mempelajari lebih
lanjut apa itu digital marketing, kelebihan, manfaat, dan contohnya pada pembahasan di bawah ini.
Apa itu
pemasaran digital?
Pemasaran digital merupakan tren baru yang
perlu Anda dan tim perusahaan Anda kuasai jika tidak ingin kalah dalam
persaingan.Setiap ahli mempunyai cara berbeda dalam mendefinisikan pengertian
digital marketing.Namun dalam dokumen ini, OCBC NISP akan menampilkan pakar
pemasaran digital terkemuka di dunia Menurut
Marketo, pemasaran digital diartikan sebagai strategi tingkat tinggi berupa
promosi/iklan yang disampaikan melalui mesin pencari (Google, Bing, Yahoo,
dll), situs web, jejaring sosial, email, dan aplikasi.Berdasarkan versi Smart
Insights, pengertian digital marketing adalah kesempatan menjangkau konsumen
melalui perangkat, platform, media, data, dan teknologi digital.Sementara itu,
Hubspot menyebut pengertian digital marketing adalah semua upaya pemasaran
dengan memanfaatkan perangkat elektronik dan internet.Dari sini dapat kita
simpulkan bahwa pengertian digital marketing adalah strategi untuk mendapatkan
konsumen dengan memanfaatkan berbagai perangkat (tools) digital berbentuk fisik
maupun non-fisik.
Keunggulan
digital marketing dibandingkan strategi pemasaran konvensional Setelah
mempelajari tentang digital marketing langsung dari para ahlinya, kali ini kita
akan membahas beberapa kelebihan pemasaran Strategi pemasaran digital
dibandingkan konvensional antara lain:
1. Lebih hemat biaya
Poin pertama
tentang keunggulan digital marketing adalah bahwa hal ini sebenarnya lebih
murah dibandingkan teknik pemasaran tradisional.Saat memulai proses branding,
Anda mungkin memerlukan biaya yang tidak sedikit.Namun, setelah basis merek dan pengikut
Anda terbentuk, biaya pemasaran digital juga akan berkurang.
2. Anda tidak memerlukan banyak staf
penjualan.
Gaji pegawai
merupakan salah satu sumber terbesar
biaya pemasaran konvensional.Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah ketika
Anda menerapkan strategi pemasaran digital.Anda tidak perlu lagi mengeluarkan
banyak uang untuk menjual produk di rumah atau di jalan.Hanya dengan
menjalankan promosi produk di jejaring sosial, Anda sudah bisa menjual produk.
3. Tim marketing tidak perlu turun ke
lapangan
Keunggulan
digital marketing ini masih terkait
dengan poin sebelumnya.Pemasaran digital adalah
strategi yang berarti tim Anda tidak perlu meninggalkan rumah/kantor
untuk meneliti konsumen. Hanya dengan duduk di depan laptop/ponsel dan
menggunakan Internet, tim pemasaran Anda dapat menyebarkan berita.
4. Proses branding produk lebih
sederhana
Keunggulan
digital marketing yang keempat adalah proses brandingnya jauh lebih sederhana
dan cepat.Salah satu kelemahan terbesar pemasaran tradisional adalah cakupan
periklanan yang sangat terbatas.Dalam strategi konvensional, Anda perlu
mengeluarkan lebih banyak uang jika
ingin mempromosikan merek Anda ke lebih banyak konsumen. Berbeda jika Anda
menerapkan strategi digital marketing. Hanya dengan satu postingan konten atau
iklan, Anda bisa menjangkau konsumen di
seluruh Indonesia, bahkan internasional.
5. Potensi pertumbuhan yang kuat
Poin kelima
tentang manfaat digital marketing adalah kuatnya potensi pertumbuhan bisnis Anda, terutama dalam hal
penjualan.Saat ini sudah banyak contoh bisnis yang berkembang hanya dalam
beberapa bulan melalui penggunaan strategi pemasaran digital.Dengan pemasaran
digital, Anda tidak perlu 10 atau 20 tahun untuk menjadi pemimpin industri.
Manfaat
Digital Marketing Bagi Perusahaan Setelah membahas kelebihan digital marketing
dibanding pemasaran biasa, kali ini kita akan membahas manfaat digital
marketing secara spesifik bagi perusahaan, yaitu antara lain:
1) Menghapus Batasan Wilayah dan Waktu
Saat
Memasarkan Produk Poin pertama manfaat digital marketing adalah terhapusnya
batas wilayah pemasaran.Anda bebas mempromosikan produk ke mana dan kapan saja,
baik dalam skala lokal, nasional, atau internasional.
2) Sistem Penjualan Produk Lebih Cepat
dan Tertarget
Manfaat
digital marketing berikutnya adalah sistem penjualan produk lebih cepat dan
sesuai minat konsumen.Saat Anda memasang iklan online, Anda bisa menentukan
kriteria orang yang cocok menjadi konsumen Anda.Dengan demikian, iklan Anda
akan lebih efisien dan bisa menghasilkan penjualan lebih mudah.
3) Membangun hubungan dengan konsumen
menjadi lebih mudah
Dengan digital marketing, Anda tidak perlu bertatap
muka langsung dengan konsumen untuk memberikan layanan kepada mereka.Ciptakan
saja interaksi melalui media sosial dan Anda
bisa menjalin interaksi yang erat dengan mereka.
4) Kemampuan melakukan personalisasi
produk berdasarkan karakteristik konsumen
Keunggulan
digital marketing selanjutnya adalah
potensi personalisasi produk yang
sangat besar.Melalui saluran periklanan online, Anda dapat meneliti profil
pribadi orang-orang yang tertarik dengan produk/konten Anda. Anda kemudian
dapat menciptakan inovasi produk berdasarkan data penelitian.
5) Mendapat Profit Banyak dalam Waktu
Singkat
Poin
terakhir dari manfaat digital marketing adalah kesempatan memperoleh berkali
lipat profit dalam waktu lebih singkat.Meski tetap membutuhkan effort besar,
digital marketing adalah strategi paling efektif dan efisien untuk menjangkau
lebih banyak calon konsumen dan mempromosikan produk tanpa harus selalu
mengeluarkan biaya.
Jenis-Jenis
Digital Marketing Ada beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda terapkan,
antara lain:
1) Search Engine Marketing (SEM)
Search
Engine Marketing atau SEM merupakan salah satu jenis digital marketing yang
berfokus pada promosi produk melalui mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo,
dll.Strategi pemasaran digital ini mencakup pembuatan situs web, halaman arahan
(halaman web iklan khusus), pengaturan iklan, dan banyak lagi.
2) Social Media Marketing
Jenis
pemasaran digital selanjutnya adalah pemasaran media sosial.Jenis pemasaran
digital ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan berbagai media sosial,
seperti YouTube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya tergantung
target konsumen Anda.
3) Email Marketing
Jenis
digital marketing yang ketiga adalah email marketing, khususnya pemasaran surat elektronik (email).Strategi pemasaran
digital ini paling cocok untuk
perusahaan dengan model business-to-business (B2B).
4) Periklanan Digital
Seperti
namanya, periklanan digital atau digital advertising adalah salah satu jenis
pemasaran digital dalam bentuk periklanan di berbagai saluran online, mulai
dari situs web hingga jejaring sosial.Beberapa saluran periklanan digital terpopuler antara lain Google Ads, FB/IG Ads,
Youtube Ads, dan Tiktok Ads.
5) Content Marketing
Content
marketing adalah salah satu jenis pemasaran digital yang menggunakan media
konten, baik berupa teks, audio, gambar, atau video.Proses pemasaran konten
sering kali dilakukan bersamaan dengan pemasaran media sosial, pemasaran email,
atau periklanan digital.
6) Otomatisasi Layanan Pelanggan
Jenis
pemasaran digital yang keenam adalah
otomatisasi sistem layanan pelanggan.Adanya otomatisasi memungkinkan pelaku
bisnis untuk lebih memahami calon konsumen sejak pertama kali berinteraksi
dengan produk/bisnis.informasi ini kemudian dapat diteruskan langsung ke CS atau staf penjualan untuk melakukan
proses penutupan (penjualan berlangsung).
7) Afiliasi/Dropshipping
jenis
pemasaran digital terakhir yang dapat
Anda manfaatkan adalah program afiliasi atau dropshipping.Dengan menerapkan
strategi pemasaran digital ini, Anda
dapat memanfaatkan perantara online (dropshipper) sekaligus membantu mereka
mendapatkan keuntungan sendiri.
Komentar
Posting Komentar